Senin, 19 November 2012

perbedaan ideologi pancasila,komunisme dan liberalisme


Perbandingan antara ideologi liberalisme, komunisme dan pancasila

A. Liberalisme jika dibandingkan dengan ideologi pancasila yang secara khusus norma-normanya terdapat di dalam undang-undang dasar 1945, maka dapat dikatakan bahwa hal-hal yang terdapat di dalam liberalisme terdapat di dalam pasal-pasal uud 1945, tetapi pancasila menolak liberalisme sebagai ideologi yang bersifat absolutisasi dan determinisme.
B. Ideologi komunis ideologi komunisme bersifat absolutisasi dan determinisme, karena memberi perhatian yang sangat besar kepada kolektivitas atau masyarakat, kebebasan individu, hak milik pribadi tidak diberi tempat dalam negara komunis. Manusia dianggap sebagai “sekrup” dalam sebuah kolektivitas.
C. Ideologi pancasila pancasila sebagai ideologi memberi kedudukan yang seimbang kepada manusia sebagai makhluk individu dan makhluk social. Pancasila bertitik tolak dari pandangan bahwa secara kodrati bersifat monopluralis, yaitu manusia yang satu tetapi dapat dilihat dari berbagai dimensi dalam aktualisasinya.

Agama
Arti dan makna sila ketuhanan yang maha esa manusia sebagai makhluk yang ada di dunia ini seperti halnya makhluk lain diciptakan oleh penciptanya. Pencipta itu adalah kausa prima yang mempunyai hubungan dengan yang diciptakannya. Manusia sebagai makhluk yang dicipta wajib melaksanakan perintah tuhan dan menjauhi larangan-nya.

Ekonomi
6. Pentingnya paradigma dalam pembangunan pembangunan yang sedang digalakkan memerlukan paradigma, suatu kerangka berpikir atau suatu model mengenai bagaimana hal-hal yang sangat esensial dilakukan. Pembangunan dalam perspektif pancasila adalah pembangunan yang sarat muatan nilai yang berfungsi menajdi dasar pengembangan visi dan menjadi referensi kritik terhadap pelaksanaan pembangunan.

Tidak ada komentar: